Apa Itu Aborsi? Pengertian Aborsi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Apa itu Aborsi?

Aborsi (Inggris: abortion, latin: abortus) berarti keguguran kandungan. Abortus atau lebih kerap disebut keguguran ialah suatu ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin sanggup hidup di luar kadar dengan kehamilan tidak cukup dari 20 minggu atau berat anak tidak cukup dari 500 gram.

Aborsi yang terjadi secara spontan disebut juga “keguguran”. Aborsi yang dilakukan secara sengaja seringkali disebut “aborsi induksi” atau “abortus provokatus”. Kata aborsi kebanyakan hanya digunakan di dalam pengertian abortus provokatus. Prosedur mirip yang dilakukan sesudah janin berpotensi untuk bertahan hidup di luar rahim juga dikenal dengan sebutan “aborsi tahap akhir”.

Pengertian Aborsi/ Abortus/ Keguguran Menurut Para Ahli
Terlepas dari aborsi adalah pengeluaran buah kehamilan sebelum umur kehamilan 28 minggu, ternyata para pakar punya definisi/ pengertian tentang aborsi/abortus/keguguran diantaranya sebagai berikut:

Lihat Juga : Jual Obat Aborsi

1. Definisi Aborsi/abortus menurut Eastman adalah suasana terputusnya suatu kehamilan di mana fetus sanggup hidup sendiri di luar uterus. Belum sanggup diambil kesimpulan andaikan fetus itu beratnya terletak pada 400-1000 gram, atau umur kehamilan tidak cukup dari 28 minggu.

2. Definisi Aborsi/abortus menurut Jeefcoat adalah pengeluaran dari hasil konsepsi sebelum umur kehamilan 28 minggu, yaitu fetus belum viable by law.

3. Definisi Aborsi/abortus menurut Holmer adalah terputusnya kehamilan sebelum minggu ke 16, di mana sistem plasentasi belum selesai.

4. Definisi Aborsi/abortus menurut WHO (World Health Organization) adalah penghentian kehamilan sebelum janin berusia 20 minggu sebab secara medis janin tidak sanggup bertahan di luar kandungan. Sebaliknya andaikan penghentian kehamilan dilakukan sementara janin udah berusia berusia di atas 20 minggu maka hal selanjutnya adalah infanticide atau pembunuhan janin.

5. Definisi Aborsi/abortus menurut KUHP aborsi merupakan pengeluaran hasil konsepsi pada setiap stadium perkembangannya sebelum era kehamilan yang lengkap tercapai (38-40 minggu). Pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin sanggup hidup diluar kadar (berat tidak cukup dari 500 gram atau tidak cukup dari 20 minggu).Dari faktor medikolegal maka istilah abortus, keguguran, dan kelahiran prematur mempunyai arti yang mirip dan membuktikan pengeluaran janin sebelum umur kehamilan yang cukup.

6. Definisi Aborsi/abortus menurut Agama Islam, Dalam bhs arab, aborsi disebut isqat al-haml atau ijhad, yaitu pengguguran janin di dalam rahim. Dalam istilah syari’at, aborsi adalah kematian janin atau keguguran sebelum sempurna, walaupun janin belum raih umur enam bulan. Dapat diambil kesimpulan bahwa aborsi secara syari’at tidak memandang kepada umur kandungan, tapi memandang kepada kesempurnaan bentuk janin tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *