Cara dan Tips Memilih Helm Murah yang Berkualitas Terbaik

Diposting pada

Saat ini bermacam-macam model helm didesain sangat menarik. Namun, fungsi helm bukan hanya sekedar hiasan kepala saat berkendara. Helm ialah sarana pengaman yang melindungi bagian penting tubuh Anda saat berkendara yaitu kepala. Anda tentu boleh menggunakan helm dengan model bagus, asalkan helm memiliki standar tertentu.
Helm dengan harga yang mahal kemungkinan besar berkualitas baik. Namun, membeli helm murah juga belum tentu kualitasnya jelek. Mungkin hanya kalah nama, merk atau brand. Banyak sekali merek helm yang beredar seperti Arai, INK, NHK, KYT, GM, AGV, MDS, BMC, HJC, dan lain sebagainya. Anda pun bisa memilih helm G2 dengan berbagai model, jenis, ukuran, tampilan dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terpengaruh dengan pemikiran dan doktrin perusahaan sebagai penjual “helm terbaik” di setiap iklan yang ditampilkan. Anda tentu memiliki banyak aspek untuk dipertimbangkan daripada hanya mengenai merknya saja.

Cek harga helm gix terbaru

Helm termasuk aksesoris wajib yang harus dipakai oleh setiap pengendara motor. Banyak peraturan berlalu lintas tentang penggunaan helm. Salah satunya ialah Undang-Undang Lalu Lintas No 22 / 2009 Pasal 291 ayat 1 dan 2 yang menyatakan bahwa setiap orang yang mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm berstandar SNI dapat dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000,00.
Pada ayat selanjutnya tersurat bahwa setiap pengendara sepeda motor yang membiarkan penumpangnya tidak menggunakan helm dapat dikenai pidana kurungan paling lama satu bulan atau dijatuhi denda paling banyak sebesar Rp 250.000,00. Untuk itu, bagi Anda yang sering berkendara atau bepergian jauh, usahakan untuk memakai alat keselamatan berkendara yang lengkap.
Bagaimana memilih helm murah yang berkualitas?
Lakukan beberapa cara berikut dalam memilih dan membeli helm berikut ini:
Periksa terlebih dahulu apakah helm tersebut sudah memiliki sertifikasi keamanan khusus yang dikeluarkan oleh lembaga resmi. Tidak semua merek helm memiliki sertifikat helm seperti DOT, SNELL, SNI dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena sudah terdapat peraturannya. Jika helm Anda sudah memiliki sertifikat SNI sebenarnya itu sudah cukup. Namun pastikan logo SNI bertanda timbul pada bagian helm, bukan hanya stiker.
Pilih helm yang berukuran sesuai dengan kepala Anda. Pilih helm yang tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Karena ukuran helm memengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Selain itu, helm yang longgar akan membahayakan karena bisa terlepas dari kepala saat terjadi benturan.
Beli helm yang berbahan shell keras atau tidak lentur mengingat bahan keras pada bagian luar helm sangat penting bagi perlindungan kepala Anda.
Pilih helm dengan bagian dalam yang lembut. Bahan dari kain dinilai sangat lembut dan mampu menyerap keringat secara maksimal. Sehingga helm masih nyaman digunakan meski lama berkendara.
Cari lapisan pengaman dalam helm yang tebal guna mengimbangi bagian keras di luar helm. Lapisan ini juga berfungsi untuk meredam benturan ketika hal yang tak diinginkan terjadi.
Pilih helm full face yang mampu melindungi seluruh bagian tempurung kepala Anda. Atau Anda dapat memiliki helm minimal berjenis open face. Jangan membeli helm yang hanya menutupi bagian atas kepala saja.
Pilih helm bertali pengikat yang kuat atau memiliki sistem pengunci yang baik. Hal ini memungkinkan helm tidak mudah terlepas ketika terjadi benturan.
Pilih kaca helm atau visor bening sehingga helm tidak akan menjadi penghadang atau penghalang pada malam hari. Akan tetapi jika Anda takut akan silau saat siang hari, Anda bisa membeli helm yang memiliki double visor atau cukup pakai saja kaca mata hitam.
Pilihlah helm yang tidak terlalu berat untuk digunakan. Kenyamanan helm juga perlu Anda perhatikan saat menggunakan helm, jika bobot helm tidak ringan, meski helm tersebut memiliki desain bagus maka helm tidak akan nyaman digunakan. Perlu diingat: berat belum tentu kuat, dan ringan belum tentu mudah pecah. Anda harus memperhatikan kualitas material.
Jika memungkinkan, pilih helm yang memiliki sistem anti pencuri. Hal ini penting untuk menghindarkan helm Anda diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Periksa kemampuan dan ketersediaan dana Anda. Mahal bisa jadi berkualitas baik, namun helm murah belum tentu berkualitas jelek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *