Gejala Kutil Kelamin

Diposting pada

Obat Kutil Kelamin Di Apotik – Sering kali kutil yang tumbuh pada area kelamin berukuran terlalu kecil dan datar agar sulit muncul bersama dengan kasat mata. Mereka yang terkena kutil kelamin kebanyakan akan terasa tidak nyaman dan gatal di kira-kira anggota area genitalnya. Tentu saja hal ini terlalu mengganggu, lebih-lebih dalam kehidupan seksual penderitanya. Penetrasi yang terjadi sementara berhubungan badan dapat membuat kutil berdarah.

Jika dilihat lebih saksama, bentuk kutil kelamin yang kecil menyerupai benjolan-benjolan berwarna kemerahan atau abu-abu. Beberapa bintik kutil kelamin tersedia yang tumbuh secara berdekatan dan muncul layaknya kembang kol. Bahkan bintik kutil kelamin dapat makin tambah banyak dan membentuk kelompok-kelompok yang lebih besar.

Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung zakar
  • Selangkangan
  • Paha anggota atas
  • Sekitar atau di dalam anus
  • Di dalam uretra

Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Vulva
  • Anus
  • Daerah pada kelamin dan anus
  • Leher rahim
  • Paha anggota atas

Selain pada alat berarti dan area di sekitarnya, kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut atau tenggorokan. Biasanya situasi ini ditularkan melalui seks oral.

Penyebab Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan tidak benar satu type infeksi menular seksual yang dianggap umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Terdapat lebih dari seratus type virus HPV, tapi tidak seluruhnya membuat kutil kelamin. Hanya kira-kira 40 type saja yang ditularkan melalui kontak seksual. Dan kira-kira 90 % masalah kutil kelamin disebabkan oleh HPV type 6 dan 11. Setelah masuk ke tubuh, virus HPV akan berdiam di dalam sel dan memperbanyak diri. Setelah itu, virus akan muncul dari sel inang dan menyerang sel lain yang sehat.

Rentannya seseorang untuk tertular kutil kelamin kebanyakan ditunjang oleh lebih dari satu segi risiko, layaknya lakukan jalinan seksual bersama dengan orang yang berbeda-beda tanpa mengenakan kondom, lakukan jalinan bersama dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak diketahui, dan aktif secara seksual sejak umur remaja. Selain itu, seseorang juga lebih rentan terkena kutil kelamin jika pada mulanya pernah menderita penyakit menular seksual lainnya.

Pemakaian kondom dapat jadi cara sedikitnya untuk memelihara kita dari kutil kelamin, meski alat kontrasepsi ini tidak seluruhnya menutupi kulit area genital.

Virus kutil kelamin tidak dapat ditularkan melalui pelukan, ciuman, atau media perantara tertentu, seumpama alat makan, handuk, atau kertas toilet. Virus ini hanya dapat ditularkan melalui kontak pada kulit bersama dengan kulit kala berhubungan intim, juga seks anal, seks oral atau berbagi sex toys (alat bantu seks). Meski tidak terjadi penetrasi seksual, sentuhan antar kulit kelamin tetap berisiko menularkan virus.

Walau terlalu jarang terjadi, virus juga dapat menular kala tangan seorang penderita kutil kelamin menyentuh area genital sendiri lantas menyentuh area genital pasangannya. Selain itu, seorang ibu juga dapat menularkan virus kutil kelamin kepada bayinya sepanjang sistem persalinan. Sama layaknya melalui tangan, masalah semacam ini juga jarang terjadi.

Jangan pandang remeh penyakit kutil kelamin gara-gara situasi ini merupakan penyebab utama kanker serviks pada wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *