Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Diposting pada

Tidak bisa dipungkiri bahwa ilmu ilmu adalah salah satu faktor mutlak dalam kehidupan manusia. Ilmu ilmu yang diajarkan dalam kehidupan dikehendaki bisa membantu manusia dalam menjalankan segala aktifitas dan perannya layaknya halnya fungsi agama dalam kehidupan manusia.

Meskipun demikianlah harusnya ilmu ilmu tidak terlepas berasal dari ajaran agama dan dipisahkan berasal dari ilmu agama itu sendiri. Islam adalah agama yang menghormati ilmu ilmu dan begitu juga Ilmu ilmu memiliki interaksi bersama dengan agama. Kemajuan zaman, teknologi dan arus Info seakan memperlebar jarak pada ilmu ilmu dan agama. Lalu bagaimanakah kedudukan dan pentingnya ilmu ilmu menurut islam itu sendiri? Simak penjelasannya tersebut ini

Ilmu Pengetahuan dalam Islam

Islam adalah agama yang menghormati dan meninggikan derajat orang yang berilmu. Dalam islam sendiri terdapat ilmu ilmu yang tidak terbatas dan terpisah-pisah layaknya halnya masyarakat barat membagi dan memisahkan ilmu menjadi lebih dari satu cabang. Ilmu ilmu dalam islam tersusun dalam kesatuan dan bahkan dalam Alqur’an sendiri terdapat ilmu ilmu di dalamnya. Sebagaimana Allah menjelaskan dalam Alqur’an tentang orang-orang yang berilmu, berpikir dan berakal

“Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) bersama dengan perintah-Nya. Sesungguhnya terhadap yang demikianlah itu benar-benar tersedia gejala (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya).” (An-Nahl: 12)

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami bersama dengan air yang sama. Kami melebihkan lebih dari satu tanaman-tanaman itu atas lebih dari satu yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya terhadap yang demikianlah itu terdapat gejala (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Ar-Ra’d: 4)

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Kata ilmu berasal berasal dari kata dalam bhs Arab yaitu ‘ilm yang artinya ilmu dan sesudah itu arti tersebut berkembang menjadi ilmu pengetahuan. Kata ilm itu sendiri diserap dalam bhs Indonesia menjadi kata ilmu atau yang merujuk terhadap ilmu pengetahuan.

Dalam sudut pandang Islam, ilmu sendiri diartikan sebagai ilmu yang diperoleh berdasarkan ijtihad atau hasil pemilkiran mendalam para ulama dan ilmuwan muslim yang didasarkan terhadap Alqur’an dan hadits. Alqur’an dan hadits adalah pedoman hidup manusia dan di dalamnya terdapat ilmu ilmu yang universal. Allah bahkan turunkan ayat pertama yang berbunyi “Bacalah” sedangkan kami mengerti bahwa membaca adalah aktifitas utama dalam kesibukan ilmiah. Kata ilmu itu sendiri disebut sebanyak 105 kali dalam alQur’ān dan kata asalnya disebut sebanyak 744 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *