Ingin Menghitung Biaya Renovasi Rumah? Begini Estimasinya!

Diposting pada

Untuk menghasilkan hunian yang lebih nyaman, Anda mampu melakukan renovasi rumah. Berbagai macam style renovasi mampu Anda pilih. Mulai berasal dari renovasi yang kecil, sampai renovasi besar yang bakal mengubah seluruh penampilan rumah. Tentu Anda harus paham estimasi biaya renovasi rumah yang dibutuhkan, sehingga Anda mampu menyiapkan dana untuk sistem renovasi rumah.

Perhitungan Estimasi Biaya Renovasi Rumah
Untuk membantu Anda paham ongkos yang Anda perlukan untuk merenovasi tempat tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda, tersebut kita bagikan ongkos estimasi renovasi tempat tinggal terasa berasal dari tenaga kerja, kisaran ongkos per meter persegi, serta misal RAB.

Biaya Tenaga Kerja

Ketika hendak merenovasi sebuah rumah, harus Anda ketahui bahwa tersedia beberapa metode pembayaran yang berlaku. Yaitu dengan sistem harian, borongan jasa, serta borongan penuh. Untuk ongkos tukang borongan harian, dikenakan ongkos kurang lebih Rp 125.000-150.000 per harinya. Biaya ini cuma untuk ongkos jasa saja. Belum terhitung untuk ongkos material.

Sementara borongan jasa, dimana Anda membayar jasa berdasarkan luas proyek Anda, biayanya kurang lebih Rp 600.000-800.000/m2. Untuk sistem ini, ongkos yang harus Anda bayar udah pasti. Apabila selagi pengerjaan lebih berasal dari target yang ditentukan, kalau sebab hujan atau aspek lainnya yang sebabkan lama pengerjaan bertambah, Anda tidak harus membayar lebih, sebab penghitungannya udah ditentukan berdasarkan luas bangunan, bukan berdasarkan lama pengerjaannya.

Biaya Jasa dan Material

Biaya jasa dan material lebih dikenal dengan makna ‘sistem pembayaran borongan penuh’. Untuk sistem ini, Anda tidak harus kembali repot belanja bahan-bahan bangunan, sebab ongkos yang Anda bayar udah terhitung jasa tukang bangunan lengkap dengan materialnya. Apabila yang Anda butuhkan adalah renovasi besar, bukan renovasi tempat tinggal sederhana, maka kisaran harga terasa berasal dari Rp 2.500.000-4.000.000/m2. Harga ini bergantung pada style material yang Anda pilih. Untuk ongkos Rp 2.500.000/m2, yang Anda dapatkan adalah material dengan grade paling bawah, tetapi yang sudah pasti selalu sesuai dengan SNI.

Untuk ongkos Rp 4.000.000/m2, Anda bakal meraih material premium. Untuk lantai bakal diberikan finishing granite tile 60×60 bermerek Niro, Roman serta Essenza, untuk cat interior SNI berkualitas layaknya Dulux dan Mowilex, cat exterior Weathershield, plafon dan gypsum berasal dari Jaya Board, serta pintu dan jendela aluminium dengan kaca temperred.

Biaya untuk Tanah dan Bangunan
Apabila tanah Anda udah cukup, Anda tidak harus mengacuhkan anggota ini. Anda cuma harus mengkalkulasi ongkos material dan jasa per meternya, maka sejumlah itulah gambaran ongkos yang Anda perlukan. Untuk ongkos belanja tanah, kalau Anda ingin mempeluas tempat tinggal sebesar 25 meter persegi. Harga tanah di lokasi yang Anda ingin dijual senilai Rp 1.000.000/m2. Maka ongkos yang Anda butuhkan adalah 25x Rp 1.000.000= Rp 25.000.000.

Biaya Lain-lain
Karena tempat tinggal merupakan investasi yang besar, Anda butuh rencana serta ongkos yang memadai saat hendak melakukan renovasi. Anda tidak mampu cuma menyiapkan dana sesuai dengan hitungan di awal. Sebaiknya, siapkan ongkos lain-lain sebab selama sistem pengerjaan, besar bisa saja bakal berjalan hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya, harga material meningkat, atau di tengah-tengah pengerjaan Anda ingin mengubah bentuk yang udah jadi, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus menyiapkan dana untuk perihal ini. Idealnya, Anda menyiapkan dana tambahan sebesar 10% berasal dari total ongkos renovasi tempat tinggal yang Anda hitung.

Estimasi Total Biaya Renovasi
Setelah paham kisaran harga tanah serta ongkos jasa dan material, Anda mampu mengkalkulasi total dana yang dibutuhkan. Misalnya, Anda ingin renovasi tempat tinggal minimalis, dan yang Anda perlukan adalah renovasi tempat tinggal style 36. Jadi ukuran tempat tinggal yang ingin direnovasi disempurnakan perluasan tempat tinggal menjadi seluas 61 meter persegi. Lalu, Anda pilih sistem pembayaran borongan penuh dengan kualitas material standard, Rp 2.500.000/m2. Hitungannya adalah, 61x Rp 2.500.000= Rp 152.500.000. Ditambahkan dengan harga tanah menjadi Rp 177.500.000. Ditambahkan ongkos lain-lain sebesar 10% berasal dari ongkos renovasi tempat tinggal yakni Rp 17.750.000. Maka, total estimasi ongkos yang Anda butuhkan adalah sejumlah Rp 195.250.000.

Rancangan Anggaran Biaya (RAB)
Untuk merenovasi sebuah rumah, terlampau perlu Anda paham harga-harga material yang Anda perlukan. Untuk membantu Anda, tersebut kita sajikan misal RAB.

Itulah tadi estimasi ongkos yang mampu Anda jadikan gambaran untuk ongkos renovasi tempat tinggal Anda. Anda harus sebabkan rencana yang masak serta menyiapkan dana yang cukup, maka renovasi tempat tinggal Anda bakal berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *