Jumlah pemain dan Perlengkapan sepak bola

Diposting pada

Yalla Shoot – Jumlah pemain terhadap tiap-tiap tim sepak bola maksimal terdiri berasal dari sebelas orang (ditambah para pemain cadangan) bersama keliru satu di antara mereka menduduki posisi kiper. Kiper merupakan satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola bersama tangan atau lengan mereka, asalkan mereka melakukannya di dalam daerah penalti sendiri. Berbagai posisi tidak cuman kiper yang ditaruh oleh pelatih, tidak diatur secara khusus. Aturan ini diberlakukan menurut hukum ke-3 LOTG.

Sejumlah pemain bisa diganti bersama pemain cadangan sepanjang pertandingan. Jumlah maksimum pemain pengganti (substitusi) yang diizinkan di dalam sebuah pertandingan resmi liga domestik dan ajang internasional FIFA adalah tiga orang, walaupun bisa beragam di dalam ajang persaingan lain atau di dalam pertandingan persahabatan (friendly match). Alasan lazim untuk substitusi terhitung cedera, kelelahan, perbaikan posisi pemain, pengubahan taktik, atau pengulur selagi di akhir pertandingan. Pemain yang udah diganti tidak diizinkan terlibat lebih lanjut di dalam pertandingan.

IFAB mengedepankan tidak boleh tersedia pertandingan yang konsisten berjalan kecuali keliru satu tim berjumlah tidak cukup berasal dari tujuh pemain
Perlengkapan pemain (sepak bola)

Perlengkapan pemain di dalam sepak bola adalah segala keputusan standar peralatan dan baju yang dikenakan oleh pemain di dalam pertandingan. Aturan lebih lanjut tercantum di dalam Hukum ke-4 LOTG.

Perlengkapan pemain

Pemain dilarang memakai atau menggunakan sesuatu yang membahayakan untuk diri sendiri atau pemain lain, layaknya perhiasan atau jam tangan. Peraturan perlengkapan utama bagi pemain sepak bola profesional (tidak terhitung kiper) terdiri dari:
• jersey atau baju olahraga tertentu yang seragam untuk sebuah tim
• celana pendek yang seragam di dalam sebuah tim
• sepasang kaos kaki yang seragam di dalam sebuah tim
• pelindung tulang kering bagi pemain yang bermain di lapangan permainan
• sepasang sepatu untuk semua pemain
• ban kapten (khusus bagi pemimpin sebuah tim)

Kiper mempunyai sedikit perbedaan ketetapan di dalam perlengkapan bermain. Kiper kudu memakai baju yang tidak serupa bersama pemain di posisi lain maupun ofisial pertandingan.[1][2] :
• jersey kudu berwarna dan berpola lain dibanding jersey pemain lain (termasuk kiper tim lawan)
• sarung tangan pelindung kudu dikenakan sepanjang pertandingan berlangsung
• celana panjang diizinkan
• jersey berlengan panjang diizinkan

Seluruh pemain dan anggota tim (pihak pelatih dan pegawai tim) diperbolehkan mengenakan peralatan tambahan, seandainya untuk menangani cuaca dingin:
• celana pendek pelapis berwarna sama bersama celana pendek luar
• kaos pelapis berlengan berwarna sama bersama jersey
• sarung tangan untuk menghangatkan tubuh
• kacamata tertentu diizinkan kecuali tidak menyebabkan bahaya bagi pemakai atau pemain lain.

Pakaian pelindung (jockstrap) dan tutup sendi (protective cup) sangat direkomendasi oleh para pakar medis dan profesional. Memakai perangkat tambahan lain / perhiasan merupakan perihal yang sangat dilarang, kecuali untuk alat pelindung yang tidak melanggar asas LOTG.

Pelengkapan pengadil pertandingan
Pada awal abad ke-19, keputusan perlengkapan bagi wasit, asisten wasit dan pengadil keempat sama bersama pemain hingga tahun 1950-an disaat wasit lebih lazim mengenakan baju berjaket tipis dibanding jersey. Meskipun tidak ditegaskan secara tertentu di dalam Laws of the Game, udah menjadi ciri khas di dalam sepak bola bahwa ‘kubu pengadil lapangan’ memakai kemeja tertentu yang tidak serupa bersama baju kedua tim. Warna hitam adalah warna yang lazim dikenakan oleh para pengadil di dalam pertandingan sepak bola, Warna hitan sebagai sinyal “penegas hukum” yang digunakan “pengadil lapangan” (istilah informal untuk wasit), walaupun warna lain terhitung digunakan di era modern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *