Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Para Ahli dan Sejarah Permainan Sepak Bola

Diposting pada

Berikut Pengertian Permainan Sepak Bola Menurut Para Ahli :

1. Muhyi Faruq
Permainan sepak bola adalah bentuk olahraga fisik yang dapat menyehatkan tubuh, menguatkan mental, memperluas kehidupan sosial, serta mencetak prestasi. Olahraga ini memerlukan aktivitas fisik yang terencana dan terstektur.

2. Agus Salim
Sepak bola adalah olahraga bermain bola menggunakan kaki yang bertujuan untuk mencetak skor atau gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Pemain diharuskan untuk bersikap sigap, cepat, tangkas, dan memiliki kemampuan dalam mengontrol bola.

3. Hasan Alwi (KBBI 2003)
Sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari dua kelompok berlawanan dengan masing-masing tim terdiri atas sebelas pemain dan bertujuan untuk mencetak gol ke gawang musuh.

4. Muhajir
Sepak bola adalah suatu permainan bola yang dilakukan dengan jalan menyepak dan bertujuan untuk menendang bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

5. Luxbacher
Pertandingan sepak bola dimainkan oleh dua regu dengan anggota masing-masing 11 orang. Tujuan dari pertandingan tersebut adalah dengan mempertahankan gawang tim dan berusaha untuk menjebol gawang musuh.

Lihat Juga : Yalla Shoot

Sejarah Permainan Sepak Bola
Sejarah sepak bola dimulai di Tiongkok pada awal abad ke-2 sebelum Masehi. Pada masa Dinasti Han, masyarakat sudah memainkan permainan menggiring bola kulit lalu menendangnya ke dalam jaring kecil. Permainan tersebut kemudian meluas hingga Jepang dan disebut dengan Kemari. Permainan menggiring bola tersebut juga mulai digemari di Italia pada abad 16.
Setelah dikenal di Inggris, permainan sepak bola mulai berkembang menjadi jauh lebih modern. Sepak bola pun tumbuh menjadi sebuah kompetisi yang menjanjikan sekaligus menghibur. Tak jarang kompetisi sepak bola di beberapa wilayah di Inggris menimbulkan kericuhan. Atas alasan tersebut, Raja Edward III akhirnya mengeluarkan larangan permainan sepak bola pada tahun 1365. Pelarangan tersebut juga didukung oleh Raja James I dari Skotlandia.

Pada tahun 1815, permainan sepak bola kembali hidup dan banyak dimainkan di lingkungan sekolah dan universitas. Permainan sepak bola modern lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863. Pada saat itu, puluhan sekolah dan klub duduk bersama demi merumuskan aturan permainan sepak bola. Pada tahun 1869, aturan permainan sepak bola yang memuat larangan menyentuh bola saat permainan sedang berlangsung pun mulai diberlakukan. Pada masa itu, permainan sepak bola dikenalkan ke sluruh dunia oleh para pelaut, tentara, dan pedagang yang berkelana ke belahan dunia lain. Kemudian, pada tahun 1904, dibentuklah badan resmi yang mengatur klub-klub sepak bola di dunia bernama FIFA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *